sertifikat badan usaha

5 Hal Pentingnya Sertifikat Badan Usaha ( SBU ), Jasa Konstruksi Bagi Kontraktor

5 Hal Pentingnya Sertifikat Badan Usaha

Peraturan baru dari pemerintah tentang Sertifikasi Badan Usaha ( SBU ) Jasa Kontraktor membawa perubahan yang cukup signifikan pada penerapan Undang-Undang Jasa Konstruksi di Indonesia. Hal tersebut tentu juga akan berdampak pada para pelaku usaha di sektor konstruksi.

Peraturan baru tersebut antara lain, Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan-peraturan pemerintah sebelumnya, bahwa jasa konstruksi harus memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) dan Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi dalam rangka memenuhi perizinan membuka usaha di bidang konstruksi.

Selaku pengusaha kontraktor, baik itu kontraktor building maupun kontraktor jasa bangun kolam renang menggunakan bahan kontainer, apa saja yang harus Anda pahami tentang SBU, selain pengertian dan manfaat SBU untuk Jasa Kontraktor yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya? Mari simak kelanjutannya dalam artikel berikut ini yang akan mengulas tentang alasan penting mengapa kontraktor harus memiliki Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi

Baca Juga : Registrasi SBU, SKA Dan SKTK Pada Masa Transisi

Sertifikat Badan Usaha

Pentingnya SBU Bagi Pelaku Usaha Jasa Konstruksi

Setelah mengenal tentang sertifikat badan usaha (SBU) Jasa Konstruksi, alangkah baiknya Anda juga pahami tentang alasan kenapa harus memiliki SBU bagi pelaku Usaha Konstruksi. Yang kurang lebihnya adalah seperti dibawah ini.

1. Bukti Kualifikasi

Dalam sebuah bisnis usaha pasti sangat berhubungan denfan kualifikasi dari badan usaha tersebut. Hal itu sangat berpengaruh terhadap berapa PPH yang harus dibayarkan. Seperti halnya badan usaha asing dan lokal yang memiliki kualifikasi SBU usaha kecil seperti pelaksanaan maupun kontraktor akan dikenai PPh sebesar 2%.

Lalu untuk kualifikasi menengah dan besar akan dikenai PPh sebesar 3%, Untuk Perencana dan pengawas seperti konsultan dikenai 4%. Sedangkan bagi badan usaha yang tidak memiliki kualifikasi SBU dapat dikenai biaya lebih besar.

Baca Juga :  Mengenal Metode Rekayasa Teknik Pondasi Cakar Ayam Yang Ditemukan Tahun 1961
Sertifikat Badan Usaha

2. Bukti Kompetensi dan Komitmen Izin Usaha

Selain penentu kualifikasi SBU memiliki kepentingan lain bagi pemilik usaha, yaitu sebagai buktu kompetensi dari sebuah bisnis. Dimana pengakuan kompetensi ini dapat dijadikan bukti dan syarat dalam setiap kegiatan konstruksi yang berlangsung.

Hal ini juga sangat berkaitan dengan kelengkapan persyaratan atas komitmen izin usaha yang dilakukan. Karena komitmen tersebut harus dipenuhi untuk mendapatkan sebuah izin operasi dalam sebuah kegiatan konstruksi.

3. Persyaratan Ikut Tender

Sebagai pelaku bisnis konstruksi pastinya sangat erat dengan kata tender. Selain sebagai portofolio hal ini juga sangat berpengaruh dalam mengangkat kredibilitas sebuah jasa usaha konstruksi.

Semua ini karena Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi menjadi bukti paling otentik atas pengakuan sebuah badan usaha oleh negara untuk dapat melakukan setiap kegiatan usaha terutama sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia.

Dengan memiliki SBU, usaha Anda dapat mengikuti tender atau pengadaan jasa konstruksi pemerintah, berbagai proyek BUMN atau proyek swasta.

Sertifikat Badan Usaha

4. Pengembangan Usaha

Apabila Anda memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU), maka kredibilitas usaha Anda akan meningkat. Dengan begitu, badan usaha, tak terkecuali usaha jasa konstruksi, dapat mengembangkan bisnis ke level yang lebih tinggi.

Misalnya, dapat ikut serta untuk menjalin kerjasama dengan pihak dalam maupun luar negeri dalam berbagai proyek, baik itu joint operation (kerjasama antara BUJKA dan BUJK) maupun joint venture (usaha patungan) untuk Penanaman Modal Asing atau PMA bagi BUJK.

Dengan mengikuti salah satu atau kedua event ini, usaha jasa konstruksi Anda akan diakui kredibilitas serta profesionalitasnya. Alhasil, pasti akan membuat usaha Anda jadi lebih dikenal dan direkomendasikan oleh pelanggan.

5. Persyaratan Membuat SIUJK

Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK merupakan surat penting yang dikeluarkan oleh pemerintah secara resmi, yang menandakan bahwa usaha jasa konstruksi Anda termasuk layak dan dinilai mampu untuk menyelesaikan proyek yang sesuai dengan kualifikasi.

Baca Juga :  Inilah 5 Perbandingan Jalan Beton Dan Jalan Aspal

Anda harus ingat untuk memperpanjang SIUJK tiap tiga tahun sekali, jika Anda melakukannya secara manual. Sedangkan jika Anda memperpanjang masa berlaku SIUK melalui Virtual Office, maka Anda harus melakukannya tiap tahun.

Selain sertifikat badan usaha ( SBU ), tentu ada beberapa persyaratan dokumen lain yang perlu Anda persiapkan untuk mengurus SIUJK. Di antaranya KTP, NPWP, IMB, kwitansi PBB, sertifikat tanah, formulir pengajuan bermaterai, Surat Keterangan Domisili Usaha, dan lain-lain.

Sertifikat Badan Usaha

Nah, itulah ulasan artikel mengenai pentingnya memiliki Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi, yang wajib kontraktor ketahui. Mengingat betapa pentingnya SBU, sebagian besar dari Anda pasti memikirkan betapa ribet proses pengurusannya.

Kesimpulan

Sertifikat Badan Usaha (SBU) menjadi syarat mutlak bagi para pengusaha jasa konstruksi untuk memenuhi kebutuhan dalam melakukan lelang proyek, terutama dalam lelang proyek yang diselenggarakan oleh pemerintah,

Nyatanya, proses kepengurusan Serifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi kini semakin mudah dan efektif berkat hadirnya Sistem Perizinan Yang dibangun oleh Gapeksindo Jabar. Langsung saja cek portofolionya di Halaman Layanan Anggota

Salam Gapeksindo

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Team Support Gapeksindo Jabar Siap Membantu Anda Tumbuh Bersama Kami!
WeCreativez WhatsApp Support
KTA SUPPORT
Diah Permata
Available
WeCreativez WhatsApp Support
SBU,SKA,SKTK SUPPORT
Cecep Sugandi
Available
WeCreativez WhatsApp Support
PRODUCT SUPPORT/ADMIN SITUS
N-Ariondaru
Available