Energi Baru Terbarukan

Solar Panel: Energi Baru Terbarukan yang Menjadi ‘Jawaban’ Dunia

Energi Baru Terbarukan

Solar panel adalah salah satu energi baru terbarukan (EBT) yang menjanjikan dengan menggunakan sinar matahari untuk diubah menjadi energi listrik. Solar panel menjadi alternatif yang bagus karena sumber energi matahari tersedia hampir di seluruh belahan bumi dan gratis.

Khusunya, Indonesia memiliki potensi mendapatkan energi matahari yang tinggi yakni sekitar 4,5 kWh/m² per hari karena letaknya yang berada di garis khatulistiwa. Secara khusus, alternatif ini akan menjadi solusi yang baik untuk Indonesia karena saat ini Indonesia masih bergantung kepada PLN sebagai sumber energi listrik.

Apa itu Energi Baru Terbarukan Solar Panel?

Solar panel adalah salah satu energi baru terbarukan yang menjadi alternatif terbaik di masa depan. Pasalnya, solar panel menggunakan sinar matahari untuk mengubahnya menjadi energi listrik.

Selain itu, kelebihan dari solar panel adalah sumber energi yang praktis karena solar panel tidak butuh transmisi. Anda bisa memasang solar panel di tempat yang membutuhkannya secara modular.

Tidak hanya itu, solar panel juga memiliki kelebihan lainnya yaitu tidak menghasilkan ekses suara, sebagaimana yang dihasilkan oleh pembangkit tenaga angin. Keunggulan lainnya dari solar panel yaitu bsia digunakan di mana saja.

Energi Baru Terbarukan

Mengapa demikian? Hal ini karena hampir semua tempat di bumi mendapatkan sinar matahari. Coba Anda bandingkan dengan jenis pembangkit listrik lainnya seperti pembangkit air yang hanya bisa dipasang di daerah yang memiliki aliran air tertentu saja.

Jadi, karena segudang kelebihan dari energi baru terbarukan ini, maka banyak negara-negara yang mulai berlomba-lomba untuk terus mengembangkan solar panel menjadi teknologi pembuatan solar panel yang ekonomis.

Saat ini, ada total sekitar 12 GW energi listrik yang dibangkitkan menggunakan solar panel di seluruh dunia. Sedangkan, jumlah total penggunaan energi listrik di dunia saat ini sudah mecapai 10 TW. Dari jumlah 12 GW tersebut, Jerman adalah negara yang memiliki solar panel sebesar 5 GW atau yang terbesar di dunia saat ini.

Baca Juga :  3 Beban Yang Dihitung Dalam Merencanakan Jembatan

Untuk mendapatkan produk terbaik solar panel saat ini, anda bisa mencoba mengunjungi laman web resminya di sanubari group persuahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor dan sumber energy dengan sistem handmade

Baca Juga : 5 Hal Pentingnya Sertifikat Badan Usaha ( SBU ), Jasa Konstruksi Bagi Kontraktor

Energi Baru Terbarukan

Jenis- jenis Solar Panel

Saat ini, berbagai macam teknologi sudah digunakan untuk mengembangkan proses pembuatan soalr panel yang bertujuan untuk menekan biaya produksinya, sehingga harganya menjadi lebih ekonomis.

Oleh karena itu, solar panel pun memiliki lebih banyak jenis. Awalnya, salah satu energi baru terbarukan ini hanya menggunakan basis kristal semikonduktor silikon, namun saat ini sudah banyak jenis lainnya yang bermunculan.

Contoh jenis solar panel yaitu organic, lapisan tipis, multi junction, lapisan single, dan jenis dye sensitized solar cell.

Energi Baru Terbarukan

Cara Kerja Solar Panel

Berbicara tentang energi baru terbarukan tidaklah lengkap jika tidak membahas tentang cara kerjanya. Nah, lantas bagaimanakah cara kerja dari solar panel? Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan teori cahaya yang dianggap sebagai partikel atau disebut juga sebagai photon.

Sederhananya, solar panel terdiri dari sambungan antara bahan semikonduktor tipe p dan n. Nah, bahan ini akan menciptakan aliran elektron jika tekena sinar matahari. Jadi, aliran elektron yang terbentuk inilah yang merupakan aliran arus listrik.

Lama Usia dari Solar Panel

Mungkin Anda juga penasaran tentang berapa lama solar panel ini bisa bertahan. Jika mendapatkan perawatan yang baik, maka solar panel bisa bertahan sampai dengan 20 tahun atau lebih.

Solar panel bahkan bisa bertahan hingga 30 tahun jika tidak berpindah-pindah tempat, modul yang melalui fabrikasi baik, dan tidak terhubung langsung ke alat listrik. Selain itu, ada cara terbaik untuk menjaga solar panel agar lebih tahan lama yaitu memasang solar panel sesuai aturan dan melakukan perawatan secara berkala.

Baca Juga :  10 Kesalahan Kontraktor Yang “Kronis” Yang Anda Wajib Tahu
Energi Baru Terbarukan

Sistem Pembangkit Listrik Solar Panel

Perlu Anda ketahui bahwa solar panel ini adalah sebuah pembangkit listrik yang terdiri dari modul photo voltaik, dan sistem pendukung lainnya. Fungsinya adalah untuk menyimpan energi listrik agar hasil atau keluaran dari listrik tersebut menjadi lebih stabil. Hal ini bermanfaat agar listrik tetap bisa digunakan pada malam hari atau ketika tidak ada sinar matahari (seperti musim dingin).

Jadi, itulah sekilas tentang apa itu energi baru terbarukan solar panel yang akan menjadi alternatif bagus sebagai pembangkit energi listrik di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Energi Baru Terbarukan

Sebagai bahan informasi baik untuk anggota maupun calon anggota Gapeksindo Jabar yang ingin daftar atau registrasi baru sertifikat badan usaha bisa mengunjungi laman resmi kami

Salam Gapeksindo

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Team Support Gapeksindo Jabar Siap Membantu Anda Tumbuh Bersama Kami!
WeCreativez WhatsApp Support
PRODUCT SUPPORT/ADMIN SITUS
N-Ariondaru
Available
WeCreativez WhatsApp Support
KTA SUPPORT
Diah Permata
Available
WeCreativez WhatsApp Support
SBU,SKA,SKTK SUPPORT
Cecep Sugandi
Available